Life as an intern


Welcome to my intern-late-update. Ibarat makanan ini udah basi sih soalnya udah dari tahun 2017. Baiklah anggap saja kita sedang menjelajah dengan mesin waktu. So, this is a throwback post to my intern life at Vico, Muara Badak,

Masih inget banget ini tuh baru aja kelar UAS smt 7, lagi sibuk ngurus penelitian, tapi juga udah harus kerja praktik. OMG ndase mau pecah, mana udah submit proposal intern dari lama tak kunjung berbalas. Eh bener bener lagi di jogja tuh, dan untungnya lagi sama partner gue si Refa, dikabarin sama HR kalo dapet slot intern bulan Februari. Kita tanya dong tanggal berapa, mulai tanggal 1 Feb. Seneng banget, udah matiin telfon, wait kok ada yang aneh ya. Wait, ini kan tanggal 30 Jan! Lah berarti 2 hari lagi udah harus di kalimantan dong?! Lah ini masih di jogja, lah alhasil ngebutlah nyetir balik ke Semarang buat nyiapin surat ini itu. Banyak banget "lah"-nya tapi emang se-zonk itu dulu gabisa mikir lagi cus pesen tiket pesawat juga. Terus pesawatnya dari Jogja dong, bayangin jog-smg-jog diriku menyetir dalam situasi kepala mikirin penelitian. Dan lebih hebatnya lagi, hari H flight, si pesawat singa ini delay hampir 2 jam, padahal kita sengaja milih first flight karena sampe sepinggan kita udah ditunggu driver kantor. Nasib, jadi hari itu kita terpaksa bermalam di dispatcher alias ruko isinya barak gitu yang biasa dipake buat transit ataupun buat driver di Balikpapan sebelum besoknya lanjut ke muara badak, another 3hrs drive. Ini belum mulai aja kok udah badluck duluan ya Ref.


Tadaaa, our life as an intern was just started. Ini ruangan gue sama Refa, jadi satu cubicle ada 4 meja. Didepan kita tuh langsung berhadapan sama mentor-mentor, Pak Fachri & Pak Julian. Karena sistem kerja disini 2weeks on-off, jadi 2 minggu masuk 2 minggu libur, jadi mentor kita ada dua orang deh. Diluar itupun masih banyak kenal sama yang lain, Pak Rachmadi (ter-asique seantero Vico), Pak Firman (pendiem bgt sampe harus dipaksa ngomong), Pak Yadi, Pak Habib, Pak Fauzie (yang demen banget minta stock film buat ditonton ama bini wkwk).

Nah tugas kita adalah menghitung efisiensi dan juga kapabilitas heater-treater (3 phase separator) di plant Badak. Rada kesel sih sempet ditinggal sama mentor hampir seminggu, luntang lantung gajelas, ya walaupun karena lagi ada trouble sih. Tapi tetep kesel, kan jadi cuma bentar ketemunya.


Oh iya, kenalin ini temen temen selama sebulan intern. Yang paling kanan Khansa, fkm unair. Dibelakang dari kiri ada Rizky, TL undip dan Nafis, Metal UI. Ada yang lain juga dari univ di kalimantan tapi lupa namanya siapa aja plus gapunya foto bareng tapi mukanya masih pada inget paham ga sih :(


Nah Vico ini punya semacam kompleks industri sendiri, jadi didalamnya ada process & production equipments tapi juga ada office tentunya, clinic, library, gym, lapangan tennis-bola-badminton-basket, entertainment room, dormitory, terus kita anak intern juga dapet pinjaman sepeda kalo harus ke site, pokoknya lengkap deh yang ga ada cuma mall. Tapi tenang aja, tiap hari kamis ada pasar malem gitu pas diluar gate, jadi kita habis maghrib biasa jalan santai aja liat liat kerumunan warga di pasar, tapi kadang kalap juga wkwk soalnya murah ceu. Walaupun Vico jauh dari mana mana, disini tuh super nyaman, sampe ga kerasa aja udah waktunya pulang.




Dan, ini nih yang paling bikin seneng. Karyawan disini ramah ramah banget, super welcome. And mostly orang jawa sih, jadi ga berasa kangen rumah. Beruntung banget pas kita intern disini pas lagi ada event safety dan pas banget VP-nya lagi visit ke site. Jadi, bulan itu makanan kantin lagi enak-enaknya (saking gatau malunya sering kita bungkus terus bawa ke office). Btw kita dapet breakfast-lunch-dinner selama 30 hari, kirain aduh bakal bosen deh nih menunya itu itu doang palingan, gataunya salah besar, menunya kreatif terus sampe ga bosen tau tau nambah aja terus lol. Antara seneng dan sedih soalnya pulang pulang kancing celana gak akur dan timbangan naik gak karuan wkwk. Cuma kadang kangen indomie sama snack snack gitu, jadi kita kadang jajan keluar kompleks habis jam kerja.


Last but not least, thank you for all the momories. Sampai detik ini pun masih membekas lho intern ini, makan makan dipinggir empang belakang lab, kalo ada yang ulang tahun pizza berasa kayak emas karena langka dan belinya jauh ke peradaban, bahkan gue masih inget degdegannya dikejar ular haha.

How time flies, sekarang anak internnya udah pada lulus udah ada yang kerja di schlumberger. Dan bapak bapak inipun udah pada mencar aja bahkan sampe ke Oman. Pak Fauzie, if you read this, saya siap pak jadi tkw disana!!



Till we meet again fellas!


P.S. gue maksain buat ngepost ini karena setelah vakum lumayan lama dari dunia menulis, I found it therapeutic to write down the things I do-I feel-I learn. Jadi buka blog tuh berasa kayak buka kotak harta karun gitu, menemukan pieces of my memories yang lama tak terjamah dan terlupa. Ajaib!







0 thoughts:

Post a Comment

 

Pageviews

Translator

Bella Rahmanastiti. Powered by Blogger.

Followers

Meet the Author

My photo
Semarang, Indonesia
A frequently called bella or abel who wants to go around the world, someday. A full time traveler and part time engineer. Loving and living my live to the fullest!