Experiencing IPA 40th CONVEX

HOLA!

So glad to be back. Uhukk ini post mendem super lama di deretan draft alias sudah setahun lamanya hehe really sorry :(
So apparently aku dapet kesempatan paling waw selama aku kuliah ini. Apa ya?

Tadaaa aku keterima jadi student volunteer IPA. Apasih IPA bell?

IPA itu kepanjangan dari Indonesia Petroleum Association. Annual exhibition gitu di JCC. Nah setahun sebelumnya sempet mampir ke IPA di hari terakhir, iseng aja hehe. Super duper seneng cuma dateng doang. EH taunya Alhamdulillah banget bisa dapet kesempatan langka buat join tahun berikutnya sebagai student volunteer.




Someone once asked me "kak gimana caranya sih bisa jadi volunteer?"
Okey, aku ga ada trik khusus sih cuma mungkin ada beberapa tips yang akan aku share.

Jadi aku baru diwawancara tanggal 17 Mei. Padahal daftarnya udah dari bulan feb apa maret gitu alias lama juga  kan ya itu nunggunya (udah ga berharap wkwk kirain kaga keterima). Tiba-tiba tgl 17 itu ada yg nnelfon habis maghrib, tadinya gamau aku angkat asli. Tapi diangkat temenku terus yaudah aku ngomong dong ya itu siapa. Ternyata ini Pak Agus dari IPA. 

Berlanjutlah diwawancarain mengenai beberapa hal dan disitu aku inget bapaknya bilang "oke makasih ya buat waktunya, sekarang kami cuma punya satu spot lagi jadi nanti kalau kami sudah ada keputusan akan kami hubungi kembali via email." Ya degdegan dong ya, masalahnya acara seminggu lagi which is 25 Mei dan satu spot lagi duh agak mematahkan semangat juga hmm


Malu-malu meluk Rio Haryanto wkwkwk

Dan keesokan harinya ada email masuk ke inbox, dan jeng jeng jeng aku keterima jadi SV IPA yihuyyy bahagia banget aku waktu itu. Padahal aku ini teknik kimia bukan geologi ataupun geofisika geodesi :") Padahal bahasa inggrisku gak fluent fluent amat :") Padahal aku ga sebegitu aktif di organisasi :")




Jadi kok bisa keterima sih?
Aku sebenernya juga gatau. Hehehe.
Cuma dari beberapa hasil evaluasi ada dong tetep tips-tips ampuh biar kalian bisa jadi the next candidates.
  • Please jangan rendah diri kayak aku, kalian harus pede. One thing I learn, kalo aku gak pede sama jurusanku yang melenceng, sama kemampuan berbahasa inggrisku, sama kemampuan aku bergaul sama orang baru, mungkin aku gabakal ngajuin form apply dari awal. Semua berawal dari keyakinan dan kepercayaan diri guys!
  • Jangan malu buat menjual diri. Eitss ini bukan apa apa ya maksudnya, menjual diri disini maksudnya adalah branding. Sama kayak pakaian, jadikan diri kalian sebaik-baiknya versi diri sendiri. Jangan malu buat promosiin apa kelebihan kamu yang ga semua orang punya. Kasih nilai lebih dari diri kamu.
  • Tunjukin kalo kalian emang worth it untuk dikasih kesempatan ini. Tunjukin kalo kalian emang pengen banget jadi bagian dari acara tersebut.
  • Banyak berdoa :)
NAH itu aja mungkin tips yang banyakan kurangnya daripada lebihnya semoga berguna deh hehe. NOW aku bakal sharing kisah senang senang ku disana ya..

Jadi aku begitu dikabarin langsung beli tiket pesawat (gamau naik kereta soalnya lagi ada acara yang dikebut alias mepet) teteup di andalanku traveloka terus mulai nyiapin barang apa yg dibutuhin sama attire selama acara. Aku sih cuma bawa flat shoes, vans, rok span, celana bahan sama laptop buat nugas udah deh.

Aku berangkat tgl 24 pagi, eh kebetulan pas di Halim ada temen SV juga dari lampung yang baru dateng namanya Widia jadi kita bisa share taksi. Melaju lah taksi ini mengantarkan kami ke Hotel Century Atlet tempat kami menginap selama 3 hari. FYI, akomodasi selama acara plus transportasi dari daerah masing-masing ditanggung oleh IPA. How could I resist right!




Ada 16 student volunteer yg terdiri dari 8 cowok dan 8 cewek. Ada Charisah (UGM), Patricia (trisakti), Melo (Unpad), Widia (Unilam), Febry (Unibraw), Della (Pakuan), Ander (UPN), Arfah (Unhas), Andre (Trisakti), Pram (ITB), Rizky (Unri), Rizky (Unsri) , Khai (USU), Bagus (UI) dan Bony (ITB).

Aku sekamar sama Charisah dari Geologi UGM dan speaker dari Univ Hasanuddin. Siangnya semua SV menuju ke tempat acara yaitu JCC yg lokasinya ga jauh sih dari situ jalan kaki juga deket untuk briefing bareng anak EO juga dari dyandra. Oke habis itu malemnya baru balik dan kita istirahat.  Besoknya jam 6 pagi kita udah harus standby di lobby udah sarapan udah siap semuanya buat dijemput pake shuttle ke JCC. Dan aku mepet banget bangunnya jadi ga sarapan heu. Nah aku kebagian jobdesknya nge-input score dari juri. Kerjaku lumayan santai sih, tapi selesainya paling akhr soalnya score card kebanyakan masuknya terakhir hehe.




Kerjaanku begitu terus tuh setiap hari. Tapi yg aku suka tuh yaa kan jurinya kebanyakan orang luar jadi bisa sekalian basa basi pake bahasa inggris. Dannn aku banyak ngobrol sama orang jadi itung itung nambah pengalaman. Pas lagi longgar aku biasanya naik ke atas ke hall terus muterin setiap stand (ohiya tempat SV itu di ground floor deket tempat presentation). Kadang ikut kuis kuis juga jadi bisa dapet souvenir deh (bawaan banyak juga pas pulang). Hari terakhirnya kita anak SV makan-makan deh di fx waktu itu makan apa yaa duh lupa deh.




Udah deh mungkin dari ceritanya ga terlalu seru ya tapii asli ini acara seru banget banget, hard to missed banget. Thankyouu udah baca-baca tulisanku ini semoga bermanfaat. Ohiya sebelum kelupaan ini ada info buat oendaftaran SV tahun ini. For additional info and questions please kindly message me. Insyaallah dibales. See you this year!




Instagram : bellarnst
Twitter : bellarnst
Linkedin : linkedin.com/in/nabilarahmanastiti/

1 thoughts:

 

Pageviews

Translator

Bella Rahmanastiti. Powered by Blogger.

Followers

Meet the Author

My photo
Semarang, Indonesia
A frequently called bella or abel who wants to go around the world, someday. A full time traveler and part time engineer. Loving and living my live to the fullest!