Great Habits Leads to Success




Set realistic goals
Jangan muluk-muluk kalau bikin resolusi. Misalnya harus ngelarin tugas perancangan dalam waktu 4 jam. It's a no way, yang ada kamu ngepressure dirimu sendiri. Bagilah tugasmu dalam beberapa bagian, setelah  menyelesaikan tiap bagian gunakan waktu istirahat sekitar 10-15 menit. Inilah kata para pakar yang dikatakan cara belajar efektif yaitu ada selingannya. Buat juga resolusi perbulan atau pertahun. Tuliskan resolusimu di sebuah kertas dan tempel di dinding kamarmu. Ini efektif banget, jadi setiap kamu bangun tidur kamu tau apa yang harus kamu lakukan buat meraih resolusimu itu.


Find your best way to learn
Ada tiga tipe belajar yaitu audio, visual dan kinestetik. You gotta find your best way to learn something. Kalau memang paling cepat menyerap pelajaran dari mendengarkan, coba untuk selalu mendengarkan dan memperhatikan dosen. Setelah itu dirumah dipelajari kembali dengan cara merekam suaramu dan di dengarkan terus menerus. Kalau cepat menyerap pelajaran berdasarkan tulisan ataupun gambar, biasanya caraku adalah menulis atau ngeprint bacaan atau rumus dan di tempel di dinding kamar. Ini efektif aku coba pas jaman ujian nasional. Oh ya jangan lupa matikan handphonemu saat sedang belajar karena ternyata sangat mengganggu dan mempengaruhi konsentrasi belajar.


Reward yourself
I'm actually doing it and it magically works! Jadi kalau misalnya aku udah ngelarin tugas ini tugas itu, aku kasih reward untuk diri aku sendiri semisal makan sushi, beli novel baru atau nonton film. Sebaliknya, give yourself punishment kalau kamu gak ngelakuin apa yang sudah dijadwalkan. Biasanya sih aku jumping jacks atau akhirnya gak membolehkan diri sendiri makan (kalau ini dirasa terlalu kejam untuk anda jangan ditiru). Bisa juga dengan mengurangi jatah uang jajan perminggu hehe.


Make a schedule
I've come to a decision lately, kenapa aku bisa punya nilai bagus pas sekolah karena aku dulu punya jadwal yang teratur dan sangat disiplin. Jadi Senin-Jumat pulang sekolah itu olahraga, maghrib, makan malam, belajar dari jam 8-10, isya, tidur. Then I reward myself, baca novel dan hobby apapun di hari Sabtu. Minggu khusus les/tutorial, malamnya udah belajar materi pelajaran besoknya.

Nah ini yang susah nih, kalo udah kuliah dan status berubah jadi anak perantauan yang notabene bakal ngekos dan gak ada someone in control buat ngingetin kita. Jadi apa-apa ditunda, jadi gak punya jadwal pasti buat ini itu karena toh kuliah memang jadwalnya aneh. Ditambah sama kegiatan lainnya diluar dunia perkuliahan yang sama-sama membutuhkan perhatian. How to overcome it? Set your priority. Kalau sudah punya skala prioritas, stay loyal ke masing-masing prioritas itu. Jangan lupa, janjian sama sahabatmu untuk belajar bareng dan saling mengingatkan.


Get yourself comfy
Ini yang sering luput dari perhatian. Kamu menyiksa diri kamu sendiri. Coba bikin suasana yang nyaman. Desain kamarmu senyaman mungkin, kalau ada quotes-quotes ampuh bisa berguna tuh. Aku biasanya kalau sudah jenuh banget ngerjain tugas dikosan, Starbucks selalu jadi pelarian hehe gara-gara matcha lattenya sih. Atau biasanya aku bawa laptop keluar kamar dan ngerjain tugas sambil duduk di ayunan. Musik jazz atau instrumental juga bagus buat merangsang kinerja otak hehe, aku biasanya dengerin John Coltrane, Dave Koz, Kenny G dan Phil Collins. Also keep in mind that fresh air is always a great idea.


Take care of yourself
Yang lalu sering terlupakan adalah rutinitas jam tidur, minimum asupan air mineral dan kurangnya olahraga. Usahakan minimal tidurmu 8 jam setiap malam. Biasakan minum minimal 8 gelas perhari. Sempatkan untuk workout ringan setelah bangun pagi. Jangan lupa asupan vitamin ya. Be early is also helpful, usahakan tidur jangan terlalu malam dan bangun pagi. Orang yang bangun pagi terbukti lebih sukses dibanding yang tidak biasa bangun pagi.


Read newspaper
Or any other media. Pengetahuan gak cuma datang dari buku pelajaran. Kamu bisa jadi buta kalau gak up to date sama apa yang terjadi di dunia luar. Selalu biasakan untuk membaca berita, caraku untuk menghemat biaya dan waktu adalah dengan menggunakan aplikasi di handphone. You can try New York Times, Forbes, Kompas and Detik News.


Always surround yourself with positive thoughts and positive people
Kita gak mungkin lepas dari pengaruh lingkungan, bukan? Dan ternyata ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja kita seharian. Keep yourself away from negativity and bad vibes. Jangan terlalu sering meladeni hal-hal tidak penting yang hanya akan memakan waktumu.


"Work smarter not harder"

Cover image :tumblr

0 thoughts:

Post a Comment

 

Pageviews

Translator

Bella Rahmanastiti. Powered by Blogger.

Followers

Meet the Author

My photo
Semarang, Indonesia
A frequently called bella or abel who wants to go around the world, someday. A full time traveler and part time engineer. Loving and living my live to the fullest!