"Simple Random Kindness"

sebenernya udah lama mau ngepost ide yang satu ini, cuma apalah daya saya, saya hanya manusia biasa yang banyak aktifitas terutama tidur hehe..

oke. jadi ide ini berawal dari jam-jam yang telah aku lalui dengan obrak-abrik website orang. lagi asik-asiknya nyari ide buat craft, tiba-tiba ada post tentang random kindness act oleh orang luar negeri. aku langsung deh kepikiran buat ngelakuin hal yang sama on my own way..


  • di lingkungan tempat tinggal kita pasti sering kan ada pedagang-pedagang keliling. nah apa salahnya kita bayar 20 ribu atau berapalah terus bilang ke mas-masnya "mas ini aku bayarin buat pelanggan-pelanggan setelah aku ya. awas kalo tuh duit dibawa kabur loh."
  • nah buat anak sekolahan, mahasiswa atau pekerja kantoran yang di kantornya ada kantin.. kita borong aja nih satu jenis makanan yg dijual di situ, terus di gratisin deh buat temen-temen (atau bahkan buat bos huehehe).
  • beli buah, terus dititipin ke customer service yg di meja depan rumah sakit itu. bilang "mbak aku nitip ini ya, buat pasien yang jarang dikunjungi / sakitnya parah."
  • nempel post it dengan kata-kata positive di toilet. kita gak pernah tau kan kapan temen kita lagi ngerasa down, badmood dan butuh support. tulisan kayak "happy girls are the prettiest" aja pasti bakal langsung bikin rasa sedih mereka berkurang. so cheer up, people!
  • beberapa dari kita ada yang naik bus, bajaj, becak, atau bahakan punya driver sendiri omg. sesekali coba deh kasih bekal makanan/snack di paperbag terus tulis "terima kasih ya pak, tanpa bapak saya tidak akan berada di mana saya berada sekarang." wkwkwk oke ini asik banget...
  • tinggalin buku/novel di tempat umum. terus di dalemnya ada bookmark yg ada tulisannya "selamat membaca. mulailah melakukan kebaikan-kebaikan sederhana seperti ini guys."
  • bayarin parkir/tol buat orang lain.
  • setiap ada kesempatan, selalu bukakan pintu untuk orang lain. simple gak tuh, dapet pahala lagi :)
  • bawain buku-buku, crayon, atau apapun yang berguna buat anak yatim-piatu, anak jalanan dan lainnya.
  • yang anak sekolahan nih ya, pasti deh punya yang namanya guru kesayangan ataupun guru yang suka bikin kesel. nah kita bikinin deh sesuatu yang handmade terus kita tinggalin di atas meja guru. pas mereka lihat itu barang, pasti mereka langsung terheran-heran sekaligus bahagia luar biasa. guru mana sih yang gak seneng kalau merasa dihargai kayak gitu :)
  • kadang kalo lagi di jalan, pasti dimana-mana nemu pengemis atau pengamen kan. daripada ngasih uang yang entah untuk apa, mending ngasih soda. atau buat yang anak-anak dikasih balon. pasti lain daripada yang lain. nah, jangan lupa tempelin pesan untuk selalu melakukan kebaikan sederhana.
  • buat anak sekolahan yang disekolahnya ada mushola, terus kadang kalau mau sholat suka kelupaan bawa mukena. beli aja mukena, terus di taruh di mushola. orang bisa pake, pahala ngalir lancar deh :)
  • kalau orang tua pulang kerja, terus mobil atau motornya kotor. apa salahnya meluangkan waktu buat nyuci kendaraannya, itung-itung biar orang tua makin semangat nyari duit wkwk...
  • kalau ada mesin penjual makanan/minuman gitu, tinggalin aja duit di situ. yang ekstrim sih di selotip ke itu mesin, jangan lupa tinggalin notes sekalian.
  • kalau punya tetangga atau iseng lewat rumah orang yang tidak seberuntung kita. gimana kalau pergi ke supermarket, beli bahan-bahan masakan, terus tinggalin di depan rumahnya. sekalian taruh resep juga ide bagus tuh..
  • bawain balon ke rumah sakit anak-anak penderita kanker, atau apapun yang akan membuat mereka lebih semangat untuk berjuang..
  • buat yang keranjingan sama online shop atau postcrossing, pasti langganan banget ketemu kurir / postman. nah, pas dia kerumah kasih aja cupcakes atau air putih kemasan. itu bakal sangat berguna buat mereka..

well, itu dia ide-ide spontan yang bisa kita lakukan. semoga postingan kali ini bisa mengilhami banyak orang, termasuk diri saya sendiri. gak harus jadi orang kaya dulu kok untuk berbuat kebaikan, dimana ada niat pasti akan selalu terbuka jalan unuk berbuat kebaikan..

kalau ada ide yang lebih ciamik lagi, naon atuh di share aja di comment di bawah ini ^^

Spread the kindness, people!
xoxo, Bella

0 thoughts:

Post a Comment

 

Pageviews

Translator

Bella Rahmanastiti. Powered by Blogger.

Followers

Meet the Author

My photo
Semarang, Indonesia
A frequently called bella or abel who wants to go around the world, someday. A full time traveler and part time engineer. Loving and living my live to the fullest!